Mengenal Bagaimana Cara Mengobati dan Informasi Umum Hiperpituitarisme


Hiperpituitarisme , juga disebut akromegali dan gigantisme. Hiperpituitarisme adalah produksi hormon pertumbuhan yang berlebihan, yang terus diproduksi dengan baik. Hipersekresi hormon hipofisis sekunder akibat makroadenoma dapat mengganggu fungsi hormon hipofisis lainnya, sehingga terjadi defisiensi hormon organ target. Akromegali terjadi setelah penutupan epifisis, menyebabkan penebalan tulang dan pertumbuhan transversal dan visceromegali. Perlu dilakukan cara mengobati penyakit ini agar tidak menimbulkan gangguan pada fungsi tubuh lainnya.

Bentuk hiperpituitarisme ini terjadi secara merata di antara pria dan wanita, biasanya antara usia 30 dan 50 tahun. Pada kebanyakan pasien, sumber hormon pertumbuhan berlebihan (GH) atau sekresi hormon pertumbuhan manusia adalah adenoma penghasil GH dari kelenjar hipofisis anterior, biasanya makroadenoma (eosinofilik atau campuran sel). Karena tumor hipofisis (biasanya jinak) adalah penyebab paling umum dari kondisi ini, area lain yang dikendalikan oleh hipofisis sering terpengaruh, seperti Prolaktin dan hormon tiroid.

Penyebab hiperpituitarisme adalah hiperplasia dan karsinoma adenohipofisis, sekresi tumor non-hipofisis dan kelainan hipotalamus tertentu serta tumor karsinoid. Efek jangka panjang dari sekresi GH yang berlebihan termasuk artritis, sindrom terowongan karpal, osteoporosis, kyphosis, hipertensi, arteriosklerosis, pembesaran jantung, dan gagal jantung.

READ  MENGENAL CIRI-CIRI HERPES GENITAL

Acromegaly berkembang perlahan. Pada banyak orang, perubahannya sangat lambat sehingga mereka tidak diperhatikan selama bertahun-tahun. Pengamatan menunjukkan rahang membesar, lidah menebal, tangan membesar dan melemah, fitur wajah kasar, kulit berminyak atau kasar, dan punggungan supraorbital yang menonjol. Gigantisme berkembang secara tiba-tiba, menghasilkan beberapa kelainan kerangka yang sama yang terlihat pada akromegali. Gigantisme mempengaruhi bayi dan anak-anak, menyebabkan mereka tumbuh hingga tiga kali ketinggian normal untuk usia mereka. Karena mereka akhirnya dapat mencapai ketinggian lebih dari 8 ‘(2,4 m).

Hipogonadisme, yang mengarah pada penangkapan pubertas, kegagalan pubertas, atau penundaan pubertas. Pemeriksaan mengungkapkan langit-langit yang sangat melengkung, hipotonia berotot, mata sipit, dan exophthalmos. Adenoma hipofisis yang tidak berfungsi jarang terjadi pada anak-anak, terhitung hanya 3-6% dari semua adenoma dalam 2 seri besar, sedangkan adenoma 30% terdiri dari adenoma.

READ  Tips Terbaik Dalam Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Perawatan dapat terdiri dari bedah mikro hipofisis untuk mengangkat tumor; radiasi hipofisis jika operasi gagal; pengobatan radiasi pisau gamma (tipe khusus radiasi terfokus); bromocriptine (membantu mengurangi hormon pertumbuhan pada beberapa pasien); octreotide (sebagian mengecilkan tumor hipofisis).

Pengobatan ajuvan mungkin termasuk bromokriptin, yang menghambat sintesis GH, dan octreotide asetat, analog somatostatin jangka panjang yang menekan sekresi GH pada setidaknya dua pertiga pasien dengan akromegali. Terapi medis untuk penyakit Cushing hanya bersifat tambahan. Tujuannya adalah untuk menghambat enzim yang bertanggung jawab untuk sintesis kortisol dengan inhibitor enzim adrenal, seperti metyrapone.

Tips Perawatan untuk Hiperpituitarisme

  1. Perawatan dapat terdiri dari bedah mikro hipofisis untuk mengangkat tumor.
  2. Pengobatan ajuvan dapat mencakup bromokriptin, yang menghambat sintesis GH, dan octreotide asetat, analog somatostatin jangka panjang yang menekan sekresi GH pada setidaknya dua pertiga pasien dengan akromegali.
  3. GRA diobati dengan dosis kecil glukokortikosteroid (yaitu, hidrokortison, prednison).
  4. Pembatasan natrium makanan dan pemberian obat dapat mengendalikan gejala tanpa operasi.
  5. Penghambat ACE dan penghambat reseptor angiotensin (ARB) juga merupakan pilihan pengobatan potensial.
  6. Diet rendah garam, meskipun membantu dalam mencapai kontrol tekanan darah dalam kondisi ini.
  7. Peningkatan tekanan darah perlu dikontrol dan dipantau dengan sering melakukan pengukuran tekanan darah
READ  Kenali Yuk Tanda-tanda Gangguan Dismorfik Tubuh

 Gejala

  • Jika Anda yakin menderita hiperpituitarisme, Anda dapat melaporkan gejala berikut:
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan di wajah dan tubuh wanita
  • Hilangnya penglihatan atau penglihatan ganda
  • Keringat berlebihan
  • Penurunan gairah seks
  • Kelesuan
  • Sakit kepala
  • Kelemahan otot
  • Memar yang mudah

Hiperpituitarisme adalah kelainan di mana kelenjar hipofisis yang terlalu aktif menghasilkan jumlah hormon satu atau lebih yang berlebihan. Peningkatan aktivitas kelenjar hipofisis sering disebabkan oleh pertumbuhan tumor jinak (di kelenjar hipofisis), yang mensekresi di alam (melepaskan jumlah hormon yang berlebihan). Tergantung pada jenis sel yang dipengaruhi oleh tumor, kelenjar pituitari mulai melepaskan satu atau lebih hormon dalam jumlah berlebihan.

 

Sumber :

www.streetdirectory.com

hospitals.aku.edu

 

sumber gambar :

https://m.klikdokter.com