MENGENAL CIRI-CIRI HERPES GENITAL

 

Ciri-ciri herpes genital – Alodokter.com menjelaskan bahwa herpes genital adalah kondisi di mana tubuh Anda terpapar oleh virus Herpes Simplex (HSV). Virus ini adalah jenis virus yang menular melalui sentuhan dan hubungan seksual.

Herpes genital sendiri adalah satu dari sekian penyakit seksual menular. Karenanya, keberadaannya harus benar-benar dicermati.

HSV sendiri adalah virus yang tidak bisa begitu saja diatasi. Pun dengan herpes genital. Penyakit ini tidak bisa diobati dengan mudah. Penyakit ini bisa sewaktu-waktu muncul kembali manakala sistem imun Anda sudah melemah.

Penanganan herpes hanya akan membuat penyakit ini mengering. Setidaknya, dengan keringnya herpes, Anda akan terhindar dari penyebaran herpes itu sendiri.

Namun demikian, sebelum Anda mengkaji lebih jauh tentang penanganan, alangkah lebih baik bila Anda tahu terlebih dulu tentang ciri dan gejala dari herpes genital. Sebab seperti yang Anda tahu, mengetahui ciri akan memudahkan Anda menangani gangguan kesehatan yang satu ini.

READ  TIMBUL BENJOLAN MERAH DISERTAI NYERI KETAHUI CIRI-CIRI JERAWAT BATU DI KULIT WAJAH

Soal ciri dan gejala, Anda tidak perlu khawatir. Herpes genital adalah satu dari sekian penyakit dengan gejala yang menonjol.

Anda bisa mengenai gangguan kesehatan ini dengan mudah. Karenanya, orang awam sekalipun bisa dengan cepat mengenali gangguan kesehatan ini. Dengan catatan, mereka sudah terlebih dulu tahu tentang herpes genital itu sendiri.

MENGENAI GEJALA DAN CIRI-CIRI HERPES GENITAL

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa ciri dan gejala dari herpes genital. Kami berharap agar ciri dan gejala di bawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Lebih dari itu, kami juga berharap agar Anda aware terhadap masalah kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan herpes genital.

Dan berikut adalah gejala atau ciri yang kami maksud:

  1. Luka lepuh pada alat kelamin
READ  MENGENAL TATA CARA MENGOBATI HERPES GENITAL

Hellosehat.com menjelaskan bahwa salah satu gejala yang mencolok dari herpes genital adalah munculnya luka lepuh di area kelamin.

Alodokter.com menambahkan bahwa luka lepuh yang dimaksud di sini cenderung berwarna merah. Luka lebih ini juga biasanya muncul dengan berkelompok. Maksudnya, kemunculannya hanya terjadi pada area tertentu. Mereka berkelompok. Penyebarannya biasanya melalui kelompok. Sederhananya, penularan area akan melibatkan kelompok (jumlah luka lepuh yang besar).

  1. Luka lepuh yang berair

Luka lepuh atau lenting yang dialami penderita herpes genital umumnya berair. Jika disentuh air pada luka tersebut akan keluar dan mengakibatkan gatal yang luar biasa bagi penderita.

Tentu luka ini akan mengering. Tapi proses pengeringan luka membutuhkan waktu lama. Sedangkan air lentingan dapat menyebabkan penyebaran dari herpes itu sendiri.

  1. Munculnya rasa tidak nyaman dan nyeri pada area luka
READ  Kenali Yuk Tanda-tanda Gangguan Dismorfik Tubuh

Luka lepuh menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita. Lebih dari itu, beberapa penderita bahkan bisa mengalami nyeri dan sakit yang luar biasa pada daerah-daerah tersebut.

Pada beberapa kasus, penderita juga mengalami rasa nyeri saat buang air kecil. Rasa nyeri ini timbul manakala luka lepuh pada area kelamin sudah menyebar dan mendekati kategori kronis.

  1. Luka yang membentuk koreng

Jika luka lepuh tersebut anda pecahkan, luka akan mengeluarkan air, bahkan darah. Luka yang telah hancur akan menjadi koreng berkepanjangan. Dan pada suatu kondisi tertentu, koreng tersebut akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman yang luar biasa hebatnya.

Itulah beberapa gejala dan ciri-ciri herpes genital. Gejala-gejala tadi bisa menjadi rujukan mengenai apa dan bagaimana herpes genital itu muncul dan menjangkit penderita.

 

Sumber gambar alodokter.com