MENGENAL PENYEBAB HERPES GENITAL

 

Penyebab herpes genital – mengenal penyebab suatu penyakit adalah hal yang sebenarnya perlu untuk dilakukan. Sederhananya, ini adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit itu datang. Bisa juga dikatakan bahwa ini adalah pencegahan dini. Sebab bila kita mengetahui penyebab suatu penyakit, khususnya penyebab suatu penyakit serius, kita bisa melakukan pencegahan awal. Setidaknya kita akan tahu; hal apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dilakukan.

Herpes genital adalah satu dari sekian banyak penyakit berbahaya. Ironianya, ini adalah adalah penyakit menular seksual berbahaya.

Dijelaskan hellosehat.com bahwa herpes genital disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Gangguan kesehatan ini biasanya ditandani dengan bentol-bentul berair pada alat kelamin, anus, atau mulut. Virus ini biasanya ditularkan lewat hubungan seksual. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bila masalah kesehatan ini ditularkan lewat sentuhan.

READ  TIMBUL BENJOLAN MERAH DISERTAI NYERI KETAHUI CIRI-CIRI JERAWAT BATU DI KULIT WAJAH

Seberapa umum gangguan kesehatan ini terjadi? Herpes genital adalah masalah kesehatan yang bisa menyerang pria atau wanita.

Tapi dibanding pria, wanita punya resiko yang lebih besar terkena HSV. Wanita yang aktif melakukan hubungan seksual memiliki resiko yang jauh lebih besar. Bahkan, seorang ibu yang melahirkan melalui vagina (proses normal), memiliki peluang menularkan HSV pada bayi yang baru dilahirkannya.

MENGENAL TANDA BERDASARKAN PENYEBAB HERPES GENITAL

Ada beberap tanda yang bisa Anda kenali dari gangguan kesehatan ini. Adapun tanda yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Timbul rasa nyeri dan gatal pada area kelamin dan bokong

Area ini adalah area di mana virus berkembang. Biasanya, saat Anda mengalami nyeri dan gatal, Anda akan memiliki benjolan berair pada area tersebut. Benjolan tersebut akan pecah bila disentuh dan diberi tekanan. Juga akan menimbulkan rasa gatal jika sampai pecah pada permukaan kulit.

  1. Timbul benjolan atau lenting kecil berwarna putih dan merah
READ  2 Cara Mengatasi Gangguan Dismorfik Tubuh

Setelah Anda merasa gatal, Anda akan menggaruk area gatal secara berlebihan. Lambat laun area tersebut akan dipenuhi dengan benjolan atau lentingan berwarna putih atau merah.

Pada banyak kasus, lentingan tersebut mengandung air, yang bilamana disentuh dan dipencet akan pecah dan menimbulkan gatal yang berlanjut.

  1. Timbul luka pada area kelamin dan bokong

Jika lentingan tadi disentuh dan pecah, lentingan tadi akan membentuk luka. Luka ini jelas tidak berbahaya. Namun demikian, luka ini akan menyebabkan koreng dan berdampak serius bagi kesehatan.

  1. Timbul rasa nyeri saat buang air kecil

Jika lingan tadi sudah pecah dan mengering, lentingan tadi akan membentuk koreng yang cenderung lama untuk sembuh.

Kondisi ini jelas mengganggu keseharian. Bahkan pada praktiknya, Anda akan merasa tidak nyaman, baik itu dalam buang air kecil atau melakukan hubungan seksual. Rasa nyeri akan timbul saat melakukan keduanya.

READ  MENGENAL TATA CARA MENGOBATI HERPES GENITAL

METODE PENCEGAHAN BERDASARKAN PENYEBAB HERPES GENITAL

Agaknya tidak ada metode lain selain menghindari perilaku beresiko. Anda bisa dengan mudah menghindari herpes genital dengan menghindari perilaku berbahaya seperti;

  1. Melakukan hubungan seksual melalui anal;
  2. Berganti pasangan;
  3. Tidak mempertimbangan kesehatan dalam berhubungan badan;
  4. Lakukan konsultasi dokter bila gejala herpes genital mulai muncul;

Secara umum metode di atas cukup efektif untuk menghindarkan Anda dari resiko herpes genital yang lebih serius.

Dan, itulah beberapa hal mengena penyebab herpes genital. Alodokter.com menjelaskan bahwa penyebab utama gangguan kesehatan ini adalah virus herpes simplex. Virus ini bisa ditularkan lewat sentuhan dan/atau hubungan seksual beresiko.

 

Sumber gambar hellosehat.com